BeritaInfo Lembaga

Kongkow Bareng Polban, BBPPMPV Bispar Seriusi Kolaborasi Riset Magang Industri

Rabu, 31 Mei 2023,  Rombongan BBPPMPV Bispar kembali menyambangi Politeknik Negeri Bandung (Polban) pasca ditandatanganinya nota kesepakatan medio April 2023 lalu. Pertemuan ini adalah kali ke enam pasca Konferensi International Hospitality di Sabah Malaysia yang merupakan persentuhan perdana Bispar dengan prof. Dwi Suhartanto sebagai pembicara utama dari Indonesia dari kampus Polban. BBPPMPV Bispar diwakili oleh Nana Halim (Kabag TU), Nining Dwirosanti (Kasubkor Program), Waluyo (Kasubkor Data & Informasi), Arif Rahman Wonodhipo (Widyaiswara Bidang Bisnis), Gita Mahardhika Pamuji (Widyaiswara Bidang Pariwisata, Viktor Imanuel Nahumury (Perencanaan Penganggaran) dan Wawan S. Irwan (Staff Bagian TU), sementara dari Polban didampingi langsung oleh Prof. Dwi Suhartanto, Bpk Yackob Astor (Ka-P3M), Ibu Fatya Alty Amalia (Kaprodi D4-Manajemen Pemasaran dan Bpk Gundur Leo (Ka-KBK Pemasaran dan Kewirausahaan).  Obrolan yang berlangsung cair dan hangat itu diawali dengan mempresentasikan term of reference rencana riset magang industri, time line dan road map riset yang diikhtiarkan sampai ke publikasi dan Hak Cipta.

Kongkow yg  berlangsung di lantai dua Gd. Pascasarjana itu menghasilkan langkah awal yaitu menyusun metodologi riset yang ditargetkan rampung dalam 14 hari ke depan.

Nana Halim menyampaikan, inisiasi kolaborasi riset tentang magang industri dengan Polban ini adalah salah satu milestone menuju BBPPMPB Bispar sebagai lembaga training berbasis riset dengan luaran lahirnya standar magang industri yang akan menjadi model pembelajaran (model pemagangan) bagi pelatihan widyaiswara, guru, kepala sekolah, instruktur LKP dan dosen perguruan tinggi vokasi. ke depan, standarisasi magang industri ini akan berdampak positif pada berkurangnya gap antara kompetensi yang dihasilkan SMK dengan kebutuhan industri akan tenaga kerja sehingga berkontribusi besar pada menurunnya tingkat pengangguran terbuka lulusan SMK yang saat ini berdasarkan laporan BPS Agustus 2022 masih yang tertinggi diantara lulusan pendidikan lainnya.

Bravo SMK, Kuat Menguatkan Indonesia !!!

Beri penilaian untuk berita ini!

Bagikan informasi ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *